12 HARI DI MYANMAR, NGAPAIN AJA SIH?

“Di Myanmar ngapain sih? Emang ada apaan sih? Itu dimana ya? Kan lagi konflik Rohingnya?” Itu beberapa statement yang sering gue denger tiap kali ngajakin temen gue pergi ke Myanmar. Berhubung gue belum siap pergi sendirian, jadi gue gencar banget ngajakin orang pergi. Karena sebenernya gue udah pengen banget ke Myanmar.. tahun 2015 gue udah punya tiket ke Yangoon, tapi dengan terpaksa gue cancel karena beberapa alasan.. iya sedih banget. Kalo kalian mau tau kenapa gue pengen banget pergi ke Myanmar, bisa cek tulisan gue ini.

Oke, jadi kali ini gue mau sharing itinerary gue di Myanmar. Gue pergi selama 12 hari (harusnya 10 hari sih, tapi gue extend 2 hari) dari 18-30 November 2016. Gue pakai rute Jakarta – Bangkok, Bangkok – Mandalay. Dari Mandalay, baru gue overland selama di Myanmar dengan rute Mandalay – Bagan (Nyaung-U) – Inle Lake (Nyaung Shwe), Yangoon.

Day 1 – 18 November 2016

Gue berangkat dari Jakarta – Bangkok pakai AirAsia, jadi gue ke Bangkok dulu buat ketemu sama temen gue yang udah duluan di Bangkok dari seminggu yang lalu. Tiba di Don Mueang Airport sekitar jam 20.45 dan ngantri imigrasinya rame banget. Gue bisa ngantri 30 menit buat imigrasi doang. Gue nginep di daerah China Town, sebenernya bisa pakai kereta dari Don Mueang turun di stasiun Hua Lamphong, tapi karena sudah malam keretanya sudah gak ada lagi. Akhirnya gue naik bus dan MRT ke China Town. Caranya? Keluar imigrasi langsung ke gate exit 5 dan cari bus A1 ke Mo Chit/Chatuchak, biayanya THB 30, darisitu ada MRT ke Hua Lamphong. Atau kalau kalian mau ke daerah Pratunam, bisa naik BTS dari Mo Chit ke Ratchatewi.

Gue nginep di Chic Hostel Bangkok, sekamar 2 orang jadi gak terlalu ramai. Recommended banget buat yang mau ke Bangkok. Sarapannya buffet kayak di hotel gitu (PENTING BANGET BUAT BACKPACKER KERE KAYAK GUE!!! Rasanya kayak lo dapat traktiran.. dan tentunya gue makan dengan kalap). Nyampe hotel sekitar jam 22.00, akhirnya gue dan temen gue memutuskan untuk pergi kuliner ke China Town dan baru balik ke hotel jam 3 subuh.. maap gak sempet foto-foto, kelaperan dan udah malem jadi bego.

Day 2 – 19 November 2016

Kita bangun jam 7 pagi, langsung mandi dan sarapan buffet ala ala. Gak lupa buat bungkus kue-kue bekal dijalan nanti, mayan hemat kan. Kita naik pesawat jam 11.00 dari Don Mueang ke Mandalay. Hostel kita ada diseberang stasiun, jalan kaki cuma 5 menit doang. Sebenernya kita udah sampai stasiun jam 08.30, tapi keretanya baru aja berangkat dan ini kereta jalannya tiap 1 jam! Dari stasiun ke Don Mueang perjalanannya 1 jam juga. Temen gue ngotot beli tiket kereta.. liat deh, jadwalnya jam 09.25 baru sampe DMK jam 10.29 udah pasti gak keburu, belom lagi ngelewatin imigrasi. Setelah perdebatan alot, akhirnya kita naik taksi sampe ke Don Mueang. Which is good choice, karena temen gue kena random check disuruh bongkar tas di check point. Kalo naik kereta, alamat gue gak jadi ke Myanmar!

train ticket from Hua Lamphong to Don Mueang

Karena kita sampainya siang, hari ini gak banyak kemana-kemana. Yang dikunjungin Mandalay Hill dan U-Bein bridge untuk sunset. Di Mandalay, kita sewa motor buat kemana-mana. Gue pribadi lebih suka sewa motor tiap dateng ditempat baru karena bisa puas puter-puternya.

Asian be lyke… applying sunblock every minutes. LOL.

Day 3 – 20 November 2016

Hari ini full seharian di Mandalay sebelum kita menuju ke Bagan besokan harinya. Yang kita kunjungin di hari ketiga ini:

  • Mandalay Royal Palace
  • Kuthodaw Pagoda
  • Sandamuni Pagoda
  • Shwenandaw Monastery
  • Mahamuni Pagoda

Untuk detail perjalanannya, akan gue tulis terpisah disini.

spoiler dulu.. Kuthodaw Pagoda

Day 4 – 21 November 2016

Hari keempat ini kita akan menuju ke Bagan, kita pesan bus dari hotel tempat kita nginap. Berangkat jam 12 siang, waktu tempuh ke Bagan sekitar 4 jam tapi gue sampe ke Bagan jam 17.00. Bus yang kita pakai kayaknya gak bagus, soalnya bareng sama orang lokal dan mereka berhenti dijalan cari penumpang gitu, makanya jadi lama sampainya. Harga bus dari Mandalay ke Bagan – MMK 5.000 atau setara Rp. 50.000,-

Kebetulan hotel kita di Bagan deket banget juga sama terminal bus nya, jadi kita tinggal jalan kaki doang gak sampai 5 menit. Kita nginep di Aung Mingalar Hotel.

Day 5 – 22 November 2016

Exploring Bagan! Jujur aja, gue gak hapal nama-nama pagodanya karena banyak buangetttt. Jadi gue menclok-menclok aja ke tiap pagoda yang gue lewatin. Cuma beberapa pagoda yang gede udah pasti gue datengin , seperti pagoda berikut:

  • Ananda Phaya
  • Htliomino Pagoda
somewhere in Bagan

Day 6 – 23 November 2016

Still exploring Bagan! Gue explore Bagan nyewa e-bike, nama tempat sewanya 7eleven. Gue sewa e-bike ini 24 jam selama 2 hari. Sebenernya gak boleh sewa 24 jam, rata-rata mereka Cuma sewain 8 jam dari sunset sampai sunrise harganya MMK 5.000/8 jam. Kenapa Cuma 8 jam? Karena mereka harus charge baterainya tiap 8 jam, normalnya daya tahan baterai hanya sebatas itu. Dan gak boleh dibawa pergi jauh-jauh. Ini bukan motor! Kalo mogok pusing kan. Cuma, temen gue orangnya ngotot, dia maunya sewa 24 jam, akhirnya setelah perdebatan alot, kita dibolehin sewa 24 jam dengan tarif MMK 7.000/hari. Somehow, gue bersyukur punya travel mate dia.. gue gak perlu repot ngotot nawar harga. Hahaha.

Kalo baterai itu e-bike habis, kita bisa telepon abangnya buat ngegantiin sama motor baru. FYI, baterenya gak bisa dilepas terus dicharge dikamar ya! Ini nempel ama motornya, jadi harus diganti. Buat kalian yang rencana sewa 24 jam kayak gue, make sure abangnya punya cadangan yang bisa lo tuker pas sore hari habis sunset. Karena biasanya mereka ngecharge batere pas motornya pada dibalikin sama turis-turis, which is pas sunset. Gue waktu itu sampe nuker pake punya ownernya sendiri yang gak disewain. Mungkin dia udah lelah ama temen gue yang tukang ngotot itu 😀

Tapi, nyewa e-bike 24 jam itu ternyata untung banget loh. Kalian bisa muterin Bagan after sunset, entah buat cari makan atau sekedar strolling around aja. Kitamah sukanya yang gak-gak, cari makan yang agak jauhan biar barengan sama orang lokal dan dapet harga yang lebih murah. Kalo lo lagi jalan nemuin telenor shop, gue masih lebih jauh darisitu makannya. Agak takut itu batere habis, gue berdoa aja dijalan komat-kamit.

e-bike for exploring Bagan

Di hari ini, gue sama temen gue malem-malem naik e-bike dari New Bagan (Nyaung-U) which is tempat kita nginep ke Old Bagan.. Cuma buat makan dan mau tau ada apaan sih di New Bagan. Lumayan jauh naik e-bike sekitar 30menit, doa gue lebih kenceng disini.. takut mogok ditengah jalan itu e-bike nya! Dan, Bagan waktu malam hari itu bagusnya luar biasa!!! Langitnya penuh sama bintang, diantara pagoda dan jalanan yang super sepi dan gelap dipenuhin alang-alang.. gue ngerasa romantis banget.. disini gue bersyukur lagi temen gue itu ngototan… kalo gak karena dia tukang ngotot, gue gak akan bisa ngeliat pemandangan ini… mungkin gue akan stuck di hotel atau sekedar makan di Nyaung Shwe. Diem-diem dibelakang motor, gue nangis terharu… bersyukur banget bisa dapet pemandangan indah kayak gini. It was once of the greatest night in my life!! Dan akhirnya gue peluk temen gue dari belakang, and say thank you.

Gue mau capture momentnya pakai kamera gue, tapi ternyata kamera gue gak secanggih itu.. jadi gagal terus. Ditambah gue bukan fotografer handal juga. Karena itu, gue coba ambil gambar orang dari google, biar kalian bisa liat bagusnya kayak gimana. Gue pilih yang mendekati apa yang gue liat malam itu.

taken from google, sorry my camera can’t capture it right. But still I want to share with you all what I saw that night. Closely like this one,. Photo credit belongs to google or whoever captured this as stated.
taken from google, sorry my camera can’t capture it right. But still I want to share with you all what I saw that night. Closely like this one,. Photo credit belongs to google or whoever captured this as stated.
taken from google, sorry my camera can’t capture it right. But still I want to share with you all what I saw that night. Closely like this one,. Photo credit belongs to google or whoever captured this as stated.

Buat kalian yang mau naik motor malem-malem, jangan lupa bawa jaket! Bagan dingin banget kalo malem dan subuh.. bisa sekitar 16derajat, ditambah anginnya.. gigi gue sampe gemeletuk dan gue Cuma pake jaket jeans aja sodara-sodari! Temen gue European udah biasa mungkin, gue udah mau mati kedinginan rasanya.

Oh iya, perjalanan Bagan juga bakalan gue ceritain disini nantinya.

Day 7 – 24 November 2016

Gue udah pesen sama yang nyewain e-bike kalo kita bakal berangkat dari Bagan ke Mandalay jam 08.00 jadi dia bisa ambil e-bike nya di hotel gue dan kuncinya gue titipin resepsionis. Si empunya setuju, orangnya baik banget. Coba cari 7eleven kalo lagi di Bagan, tempatnya sebelum bunderan Bank CBZ ada disebelah kanan jalan kalo dari Nyaung-U.

Habis sarapan, gue dijemput mini bus sebelum nantinya naik bus yang besar. Gue beli tiketnya langsung di terminal, padahal di hotel juga jual sih dengan harga yang sama. Temen gue gak percaya takut dimahalin, akhirnya kita cari di terminal. Harganya MMK 12.000 lama perjalanan 8 jam. Kenapa gak naik bus malam? Well, gue pribadi sih prefer bus malam, Cuma kali ini gue kalah berdebat sama temen gue.. jadinya kita naik bus pagi. Which is menurut gue buang-buang waktu. Naik bus malam, kalian bisa hemat biaya penginapan karena tidur di bus, dan paginya bisa dibuat jalan-jalan kemana dulu gitu kan. Saran gue, tetep naik bus malam!

Akhirnya gue sampe di Nyaung-Shwe jam 16.00, dari terminal gue naik kayak songtew gitu ke penginepan. Jadi ada banyak orang, dia bakalan nganterin ke penginepan masing-masing. Pertimbangkan kalian bawa backpack segede gaban, jalan kaki itu ribet dan lagi kalian belum tau pasti dimana penginepannya. Kalo gue, mending naik songtew MMK 1.000 aja udah sampai penginepan. Temen gue yang pelit pun setuju 😉

Hari ini di Nyaung Shwe, gue langsung puter-puter kotanya sambil cari tiket boat Inle Lake buat besokan harinya. Sekalian nyari tiket bus, karena kita di Nyaung-Shwe Cuma 1 hari aja. Which is pilihan yang tepat, karena disini gak ada apa-apa dan kotanya kecil banget!

Day 8 – 25 November 2016

Full day boat tour!!! Ini gak boleh dilewatkan di Nyaung Shwe. Emang tujuannya mau muter-muter Inle Lake pake boat. Gue dapet harga perahu murah banget setelah puter-puter Nyaung Shwe. MMK 15.000 per boat. Private! Only 2 of us.. kalau kalian rombongannya banyak, bisa lebih murah lagi share cost nya.

try to spot Zodiac when you are in Inle

Detailnya, gue juga bakal tulis disini nantinya ya 🙂

Selesai boat tur jam 5.30, gue langsung ke penginepan ambil backpack. Pas banget udah dijemput didepan hotel. We are off to Yangon!

Day 9 – 26 November 2016

Kita sampai di Yangoon jam 6 pagi. Perjalanan bus memakan waktu kira-kira 12 jam dari Nyaung Shwe. Turun di Aung Mingalar bus station, gue gak naik taksi seperti kebanyakan orang, tapi naik bus aja sampai Shangrila Sule Pagoda, terus nyambung taksi ke hotel kita di China Town. Ini karena bawa backpack gede aja, selanjutnya gue jalan kaki terus di Yangon.

China Town area

Day 10 – 27 November 2016

Hari ini gue jalan-jalan aja muterin Yangon. Tempat yang gue kunjungin antara lain:

  • Sule Pagoda
  • Kandawgyi Park
  • Shwedagon Pagoda
Sule Pagoda from Main Street

Day 11 – 28 November 2016

Hari ini, jujur aja gue gak kemana-mana. Karena terlalu lelah, gue dan temen gue baru bangun jam 5 sore. Hah?? Yang bener?? Iya bener.. kita tepar, ditambah lagi kamar kita gak ada jendelanya jadi berasa masih malem aja. Padahal mahhh udah sore!

Harusnya hari ini gue balik ke Jakarta dan temen gue lanjut flight ke Dawei sebelum nantinya akan nyebrang ke Thailand, tapi karena kita ketiduran… KITA KETINGGALAN PESAWAT!! Yaampun udah gak ngerti lagi harus gimana, akhirnya kita pesen tiket pesawat lagi.. gue ke Jakarta, dia ke Bangkok. Gak jadi ke Dawei, udah gak mood katanya. Karena ketinggalan pesawat, pulangnya 2 hari lagi aja gak usah langsung besok.. sakit hati! Habis itu, kita juga pesen hotel buat 2 hari kedepan, gak mau dihotel yang sama.. udah kapok, trauma. Haha.

Day 12 – 29 November 2016

Hari ini kita bangunnya pagi. Tujuan kali ini, kita mau naik circular train di Yangon yang katanya ngehits banget itu. Buat gue dan temen gue, Yangon itu membosankan.. jadi sebenernya naik circular train Cuma buat ngebunuh waktu aja. Kalo gue tau bakal ketinggalan pesawat, mungkin gue akan milih lebih lama di Bagan atau Inle Lake daripada stuck di Yangon.

In front of Yangon Central Railway Station
Yangon Central Railway Station

Selain circular train, gue juga mampir ke Bogyoke market. Kita tadinya gak mau masuk-masuk kedalam Bogyoke Market karena udah banyak beli printilan di Bagan. Setelah gue bandingin, harganya sih memang lebih murah di Bagan daripada di Bogyoke ini. Menurut gue ya.. 🙂

Bogyoke Market

Day 13 – 30 November 2016

Time to come home!!!! No more drama ketinggalan pesawat, kita udah pasang alarm dan minta bangunin sama resepsionisnya. Sekalian gue juga pesen transport ke bandara dari resepsionis hotel ini. Hotel kedua gue di Yangon ini enak banget. Nanti lengkapnya gue tulis sekalian di blog post gue tentang Yangon.

Gue dan temen gue masih satu pesawat sampai Bangkok, Cuma gue bakalan ngelanjutin ke Jakarta dan dia lanjut penerbangan ke Surat Thani. Sampai di Bangkok, gue mau keluar imigrasi dulu nemenin temen gue karena gue juga penerbangannya masih 2 jam lagi. Mau keluar imigrasi sempet gak dibolehin karena connecting flight harus langsung ke jalur khusus.

Gue panik, gue belom say good bye properly ke temen gue. Dia udah keluar duluan dari imigrasi. Akhirnya, gue coba pindah konter imigrasi dengan gak nunjukin tiket connecting gue, akhirnya gue bisa keluar. Sampai diluar imigrasi, gue gak ketemu sama temen gue.. muter-muter dikit akhirnya dia muncul juga, ternyata ke toilet. Dia sempet naik keatas lagi buat nanyain gue, tapi dicegat sama petugas imigrasi.

transit in Don Mueang, good bye you!

After 2 hours… akhirnya ini saatnya gue pisah sama temen gue. Baru kali ini gue ngerasain kalau bandara itu tempat yang menyedihkan. We say good bye to each other properly this time, saying till we meet again…. because we don’t know when will we meet again. But, we had an unforgotable journey after all 🙂

One thought on “12 HARI DI MYANMAR, NGAPAIN AJA SIH?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.